Mekanisme Reaksi Bersaing SN1 dan E1


Mekanisme Reaksi Bersaing SN1 dan E1


Reaksi SN1 terjadi dalam dua tahap dan mengikutsertakan zat antara karbokation. Reaksi E1 juga mengalami hal yang sama layaknya reaksi SN1, dimana reaksinya berjalan 2 tahap. Reaksi bersaing ini terjadi jika alcohol tidak menjalani reaksi eleminasi hingga gugus OH diubah menjadi gugus pergi yang lebih baik.





Dapat dilihat reaksi diatas, dimana reaksi eleminasi tidak berjalan dengan sendirinya. Gugus alcohol disebelah kanan membentuk produk berupa alkena, dimana basa yang digunakan ialah basa kuat. Kita membentuk ikatan C-C dimana ikatan tersebut membentuk ikatan phi dan disini kita memutuskan ikatan C-OH dan C-H. Dan reaksi diatas tidak mungkin terjadi apabila kita kita tidak menggunakan gugus OH sebagai gugus pergi, apabila kita menggunakan basa kuat sebagai gugus pergi, reaksi eleminasi E1 tidak mungkin terjadi, ini mengakibatkan terjadinya reaksi eleminasi E2.

Dan kapan reaksi bersaing terjadi??

Pada reaksi SN1 tahapnya melewati karbonasi, begitu juga dengan reaksi E1. Hal ini karena karbokation dibentuk oleh alcohol dengan menambah asam HCL, HBr atau HI dan berakhir pada alkil halide. Mengapa digunakan ion halide? Hal ini dikarenakan ion halide merupakan nukleofil yang baik digunakan pada reaksi ini. Dalam menetukan reaksi E1 biasa menggunakan asam kuat dengan basa konjugasi sebagai nukleofil buruk. Asam yang biasa  digunakan ialah H2SO4, dimana ion H2SO4(-) merupakan nukleofil yang relative buruk karena muatan oksigennya didistribusikan ke seluruh molekul.



Dari persamaan diatas dapat dilihat bahwa:
a. Dengan ion-counter nukleofilik (Cl, Br, I) SN1 cenderung dominan
b. Tanpa ion-counter nukleofilik (H2SO4, TsO, H2PO4) E1 cenderung dominan


Yang kita lakukan agar reaksi berhasil ialah dengan memiliki grup yang lebih baik dimana yang digunakan ialah basa lemah seperti reaksi diatas. Asam membuat OH kelompok yang lebih baik meninggalkan (asam konjugatnya H2O) memfasilitasi reaksi eleminasi. Jika kita menambahkan asam kuat, kita mengubah OH menjadi H2O +, asam konjugasinya ialah kelompok meninggalkan yang lebih baik. Molekul air yang terlepas, membentuk karbokation, dan kemudian basa memutus ikatan C-H untuk membentuk alkena. Reaksi ini merupakan reaksi E1, dimana laju akan bergantung kepada stabilitas karbokation dan menyerang gugus tersier dengan laju yang cukup tinggi.



Permasalahan :
1. Bagaimana pengaruh suhu terhadap reaksi bersaing ini?
2. Reaksi apakah yang cenderung mendominasi apabila digunakan alkil halide tersier?
3.  Apa yang membuat HCl, HBr dan HI lebih mendominasi terjadinya reaksi SN1?


Komentar

  1. Hi M.Rizki saya Bella Veronica NIM A1C118095 akan mencoba menjawab permasalahan nomor 1. Menurut saya pengaruh suhu disini adalah semakin cepat suhu, maka dapat semakin cepat pula reaksi bersaing tersebut bereaksi, meskipun ada kondisi dimana ketika mrnggunakan suhu yang terlalu tinggi dapat merusak dari pada komposisi senyawa tersebut. Artinya kita harus melihat bagaimana titik didih senyawa yang kita gunakan.

    BalasHapus
  2. Hai dwik, perkenalkan nama saya Sandi (A1C118041) disini saya ingin mencoba menjawab pertanyaan nomor 3.menurut saya HCL, HBR dan HI itu lebih mendominasi terjadi pada reaksi SN1 itu karena ada beberapa faktor.
    Yang pertama itu karena Pengaruh suhu, ,yang ke dua itu pengaruh nukleofil yang sangat Basa.
    Pengaruh suhu disini yakni lebih mendominasi ke suhu rendah walau pun antara sn1 dan E1 itu sedang kompetitifnya. Sedangkan pengaruh nukleofil pada seperti HIDROKSIDA dan Metoksida.
    Dari keduanya ini menurut saya lebih mendominasi ke SN1.

    BalasHapus
  3. Saya Susilawati (A1C118091)
    Saya akan menjawab permasalahan nomor 2, menurut saya pada reaksi yang lebih cenderung mendominasi yaitu SN1 karena pada reaksi SN1 dan E1 terjadi pembentukan karbokation, karena karbokation itu akan lebih stabil apabila bereaksi dengan alkil tersier dan ini menyebabkan mengapa reaksi SN1 dan E1 berjalan lambat pada senyawa primer dan akan berjalan lebih cepat pada senyawa alkil tersier.
    Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mekanisme Reaksi Reduksi Pada Berbagai Senyawa Organik

DERIVAT ASAM KARBOKSILAT

MEKANISME REAKSI OKSIDASI PADA BERBAGAI SENYAWA ORGANIK